kisi difraksi celah tunggal


LaporanPraktikum Kisi DifraksiCelah Tunggal




Oleh:
SitiMahmudah



SMA NEGERI 1 JAKENAN
TAHUN PELAJARAN  2013/2014


Tujuan:
Menentukanpanjanggelombangsuatusumbercahayapadakisidifraksi.
Dasarteori:
Suatusifatgelombang yang menarikadalahbahwagelombangdapatdibelokkanolehrintangan.Secaramakroskopis, difraksidikenalsebagaigejalapenyebaranarah yang dialamiseberkasgelombangketikamenjalarmelaluisuatucelahsempitatautepitajamsebuahbenda.Gejalainijugadianggapsebagaisalahsatucirikhasgelombang yang tidakmemilikipartikel, karenasebuahpartikel yang bergerakbebasmelaluisuatucelahtidakakanmengalami  perubahanarah.
Kisi difraksimerupakansuatupirantiuntukmenganalisissumbercahaya.Alatiniterdiridarisejumlahbesar slit-slit paralel yang berjaraksama. Suatukisidapatdibuatdengancaramemotonggaris-garisparalel di ataspermukaan plat kacadenganmesinterukurberpresisitinggi. Celah di antaragoresan-goresanadalahtransparanterhadapcahayadan area itu  bertindaksebagaicelah-celah yang terpisah. Sebuahkisidapatmempunyairibuangaris per sentimeter. Dari data banyaknyagaris per sentimeterkitadapatmenentukanjarakantarcelahatau yang disebutdengantetapankisi (d), jikaterdapat N garis per satuanpanjang, makatetapankisi d adalahkebalikandari N, yaitu :
 Cahayamemilikisifatsebagaigelombangsehinggacahayamengalamidifraksidaninterferensi.Syaratterjadinyadifraksiadalahkoherendanselisihfasetetap.Difraksicahayadapatterjadijikacahayamelaluikisi. Kisi adalahcelahsempitsejajar yang jumlahnyasangat  banyak. Konstantakisi (d adalahjarakantaraduacelah yang berdek
Interferensicahaya.
Terjadiketikaduagelombangdatangbersamapadasuatutempat.Ada duasyarat yang harusdipenuhiolehduasumbercahaya agar menghasilkaninterferensi yang dapatdiamati.
1.       Keduasumbercahayaharuskoheren, yaitukeduanyaharusmemilikifrekuensi yang selalutetap, karenaitukeduanyaharusmemilikifrekuensi yang sama. Keduabedafaseinibolehnoltetapitidakharus nol.
2.       Keduagelombangcahayaharusmemililik amplitude yang hampirsama. Jikatidak, interferensi yang dihasilkankurangmencolok.
Padaeksperimen Young, duasumbercahayakoherndiperolehdaricahayamonokromatis yang dilewatkanduacelah.Keduaberkascahayakohernituakanbergabungmembentukpola-polainterferensi.
Skemaeksperimen Young
Inteferensimaksimum (konstruktif) yang ditandaipolaterangakanterjadijikakeduaberkasgelombangfasenyasama. Ingatkembalibentuk sinusoidal fungsigelombangberjalanpadagrafiksimpangan (y) versus jaraktempuh (x).Duagelombangsamafasenyajikaselisihjarakkeduagelombangadalahnolataukelipatanbulatdaripanjanggelombangnya.
Selisihlintasankeduaberkasadalah d sin θ
Berdasarkangambar di atas, selisihlintasanantaraberkasS1dan d sin θ, dengand adalahjarakantaraduacelah.
Jadiinterferensimaksimum (garisterang) terjadijika
dsin θ = n λ, dengann =0, 1, 2, 3, …
Padaperhitungangaristerangmenggunakanrumus di atas, nilain = 0 untukterangpusat, n = 1 untukteranggaristerangpertama, n = 2 untukgaristerangkedua, danseterusnya.
Interferensi minimum (garisgelap) terjadijikaselisihlintasankeduasinarmerupakankelipatanganjildarisetengahpanjanggelombang.Diperoleh,
dsin θ = (n – ½ )λ, dengann =1, 2, 3, …

Difraksiadalahperistiwapelenturanmukagelombangketikamelewaticelahsempitpoladifraksigelombangcahayadapatdiamatidenganeksperimenmenggunakandifraksicelahtunggaldankisidifraksi
1.      Difraksicelahtunggal
Setiaptitikpadacelahtunggaldapatdianggapsebagaisumbergelombangsekunder.selisihantarakeduaberkas yang terpisahsejauh d adalah .

Analogidenganpolainterferensicelahganda young jika:
Interferensimaxsimum:  =                      (garis terang)
Dengan n= 1,2,3,…dan d adalahlebarcelah
Interferensi minimum:  =       (garis gelap)
Dengan n=1,2,3,…
2.      Difraksipadakisi
Kisi difraksiterdiriatasbanyakcelahdenganlebar yang sama. Lebarcelahpadadifraksidisebutkonstantakisidandilambangkandengan d. Jikadalamsebuahkisipanjang 1 cm terdapat N celahkonstantankisinyaadalah:

Polaterangolehkisidifraksidiperolehjika:
= , denagn n= 1,2,3,….
Dengan d adalahkonstantakisidan  adalah sudut difraksi.
Interferensi minimum (garisgelap) terjadijika
, dengan n= 1,2,3,…
Dalamoptikadikenaldifraksi Fresnel dandifraksiFraunhofer.Difraksi Fresnel terjadijikagelombangcahayamelaluicelahdanterdifraksipadadaerah yang relatifdekat, menyebabkansetiappoladifraksi yang teramatiberbeda-bedabentukdanukurannnya, relatifterhadapjarak.Difraksi Fresnel jugadisebutdifraksimedandekat.
DifraksiFraunhoferterjadijikagelombangmedanmelaluicelahataukisi, menyebabkanperubahanhanyapadaukuranpola yang teramatipadadaerah yang jauh. Gelombang-gelombangcahaya yang keluardaricelahataukisipadadifraksiFraunhoferhampirsejajar. Difraksifraunhoferjugadisebutdifraksimedanjauh.


Alatdanbahan:
1.      Kisi difraksi: 1 buah
2.      Laser          : 1 buah
3.      Mistar        : 2 buah
4.      Layar         : 1 buah

Prosedurpercobaan:
1.      Mengukurjarakkisikelayar 1 m.
2.      Menghidupkan laser danmengarahkanpadakisisebesar 100 garis/mm.
3.      Mengamatigaristerangdangelappadalayar.
4.      Mencaripanjanggelombang yang digunakanantaraduagaristerang yang berdekatanuntuk n=1sampaidengan n=3.
1. Mengukurjarakkisikelayar 1 m.
2. Menghidupkan laser danmengarahkanpadakisisebesar 300 garis/mm.
3. Mengamatigaristerangdangelappadalayar.
4. Mencaripanjanggelombang yang digunakanantaraduagaristerang yang berdekatanuntuk n=1 sampaidengan n=3.
1.      Mengukurjarakkisikelayar 1 m.
2.      Menghidupkan laser danmengarahkanpadakisisebesar600garis/mm.
3.      Mengamatigaristerangdangelappadalayar.
4.      Mencaripanjanggelombang yang digunakanantaraduagaristerang yang berdekatanuntuk n=1 sampaidengan n=3.
Hasilpengamatan:
Kisi 100 garis/mm
No.
L (m)
N (garis/mm)
d (m)
N
y (m)
1
1
100 garis/mm
1
15.10-2
0.075
Dicari
2
1
100 garis/mm

2
3.10-1
0.15

3
1
100 garis/mm

3
45.10-2
0.225

Rata-rata



2
3.10-1
0.15

           

Kisi 300 garis/mm
No.
L (m)
N (garis/mm)
d (m)
n
y (m)
λ (m)
1
1
300 garis/mm
1
0.4
0.19
dicari
2
1
300 garis/mm

2
0.83
0.4

3
1
300 garis/mm

3



rata-rata





0.295




Kisi 600 garis/mm
No.
L (m)
N (gris/mm)
d (m)
n
y (m)
λ (m)
1
1
600 garis/mm
1
0.83
0.42
dicari
2
1
600 garis/mm

2
2.53
1.3

3
1
600 garis/mm

3



rata-rata









Pembahasan:
Kami melakukanperhitungandanpengolahan data mengenaipenentuannilai panjanggelombangcahayatampakdarihasildifraksicahayamenggunakankisidifraksidalampraktikum.
Padapercobaan kali inisayamenggunakankisidifraksicelahtunggaldengan bukan , karena menggunakan celah tunggal jika.
Dalampercobaandituntutuntukmenentukanpanjanggelombang.Panjanggelombangdapatdihitungdenganrumus:
                        
Sebelummencaripanjanggelombangdiketahui .
Kisidifraksi yang digunakanbernilai 100 garis/mm, 300 garis/mm, 600 garis/mm. sebelummenghitungsemua data dalamsatuan meter (m).
a.       Menghitung dkisidifraksi 100 garis/mm danpanjanggelombang.
100 garis/mm

              


                

          

b.      Menghitung dkisidifraksi 300 garis/mm danpanjanggelombang.

                
               

c.       Menghitung dkisidifraksi 600 garis/mm danpanjanggelombang.


               

           

Setelahpanjanggelombangdiketahuidibuat table dengangrafik.Jika, grafiklurusmakapraktikumbaikdanhasilnyasudahsesuaidenganteori yang ada.
Tabelkising 100 garis/mm
No.
L (m)
N (garis/mm)
d (m)
N
y(m)
λ (m)
1
1
100 garis/mm
0.00001
1
0.075
0.000000375
2
1
100 garis/mm
0.00001
2
0.15
0.000000375
3
1
100 garis/mm
0.00001
3
0.225
0.000000375
Rata-rata



2
0.15
0.000000375

Grafikmenunjukkanlurus, berartipraktikumkisidifraksicelahtunggaldengan N=100 garis/mm sudahsesuaidenganteori.

Tabelkisidifraksi 300 garis/mm
No.
L (m)
N (garis/mm)
d (m)
n
y (m)
λ (m)
1
1
300 garis/mm
0.00000333
1
0.19
3.1635E-07
2
1
300 garis/mm
0.00000333
2
0.4
0.000000333
3
1
300 garis/mm
0.00000333
3


rata-rata




0.295
3.24675E-07

Padapraktikum yang keduapadakisidifraksidengan N=600 garis/mm grafikberbentukgaris miring, iniberartipraktikumterjadikesalahankarena:
1.      Kuranngteliti
2.      Kurangkonsentrasi
3.      Layar yang kuarangmemadai.
4.      Tempat yang kurangmendukung, dan
5.      Kecerobohandalampraktikum.





Table kisidifraksi N=600 garis/mm
No.
L (m)
N (gris/mm)
d (m)
n
y (m)
λ (m)
1
1
600 garis/mm
0.00000167
1
0.42
3.507E-07
2
1
600 garis/mm
0.00000167
2
1.3
5.4275E-07
3
1
600 garis/mm
0.00000167
3


rata-rata




0.86
4.46725E-07

Padapraktikumketigadengan N=600 garis/mm grafismenunjukkanbentuk miring bertandaadakesalahansaatpraktikumberjalan, kesalahandikarenakan:
1.      Kuranngteliti
2.      Kurangkonsentrasi
3.      Layar yang kuarangmemadai.
4.      Tempat yang kurangmendukung, dan
5.      Kecerobohandalampraktikum.
6.      Alatdanbahankurangdipersiapkansemaksimal.
Jadi,  panjanggelombangseharusnyasemuanyasamaterhadap N yang sama. Jikasalahberartiterjadikesalahaketikapraktikumjikagrafik miring berartidanselisihantaraterangpusatdenganterang yang lainnya. Kisi difraksialat yang dibutuhkansaatpraktikumuntukpelenturangelombangcahaya.


DaftarPustaka
Kaningan, Marthen. 2009. FisikaSeribu Pena. Jakarta, Erlangga.
TanpaNama. TanpaTahun. FisikaMemangAsyik.
Tanpanama. Tanpatahun.FisikaTienka.
Ivan Dwi Sandra TanpaTahunFish_Ikan (FisikaItuMenyenangkan).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar